Keindahan Wakatobi

Wisata Wakatobi – merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Sulawesi Tenggara yang beribukota di Wangi-Wangi. Kabupaten ini terdiri dari beberapa pulau yang siap menyambut kedatangan anda dengan berbagai pesona yang dimilikinya. Selain itu, Wakatobi juga merupakan nama kawasan taman nasional yang berisi keanekaragaman hayati laut. Ada banyak tempat menarik yang bisa Anda singgahi di sini terutama keindahan baharinya.

Wakatobi merupakan sebuah kabupaten wilayah otonomi hasil pemekaran dari Kabupaten Buton. Nama Wakatobi sendiri diambil dari nama empat pulau besar yang ada di kawasan tersebut yakni Pulau Wangi-Wangi, Pulau Kaledupa, Pulau Tomia dan Pulau Binongko

Wakatobi yang dikenal dengan nama Kepulauan Tukang Besi ini dahulunya merupakan salah satu wilayah barata pada masa Kesultanan Buton yang berpusat di Pulau Kaledupa. Wilayah barata sendiri merupakan sebutan untuk kawasan yang telah menjadi daerah kekuasaan dari Kesultanan Buton.

Yang dapat ditemui

Anda bisa melihat keunikan bangunan Benteng Keraton Liya Togo yang terdiri dari susunan bebatuan dengan tidak menggunakan semen sebagai perekatnya namun menggunakan campuran kapur dan putih telur. Anda juga dapat melihat arsitek kuno yang terdapat pada masjid di sekitar benteng ini yang dibangun pada abad XVI. Selain Benteng Keraton Liya Togo, masih banyak benteng-benteng lainnya yang dapat anda lihat di Wakatobi seperti Benteng Manga, Benteng Ladomba, Benteng Palahidu, Benteng Patua dan masih banyak lagi. Di Pulau Anano-Runduma, anda dapat melihat penyu hijau yang sedang bertelur karena di pulau yang dijuluki Pulau Penyu ini merupakan pusat peneluran penyu hijau.

Yang dapat dilakukan

Taman Laut Nasional Kepulauan Wakatobi, Pulau Hoga dan Pulau Onemoba’a merupakan spot yang cocok untuk snorkeling maupun diving karena di tempat ini terdapat beragam kekayaan biota laut yang eksotik. Anda dapat membeli kain tenun ikat berupa kain sarung wuray dan tikar lipat langsung dari pengrajinnya di Pulau Kaledupa. Sedangkan di Pulau Binongko, anda dapat memotret berbagai aktivitas para pengrajin besi. Memotret kehidupan perkampungan Suku Bajo yang berada di atas laut juga merupakan kegiatan menarik yang bisa anda lakukan ketika menyambangi Wakatobi.

Salah satu makanan yang bisa Anda cicipi sewaktu berkunjung ke tempat ini adalah kasuami yang terbuat dari singkong diparut, diperas airnya lalu dikukus. Biasanya makanan ini disantap dengan lauk ikan. Selain itu Anda boleh juga mencicipi kari ayam Wakatobi serta kue karasi ataupun barongko yakni sejenis makanan yang berbahan dasar pisang dan dikukus dengan menggunakan daun pisang.
Untuk yang mau wisata murah ke wakatobi silakan hubungi alghi wisata untuk informasi paket tournya.

sumber  : alri wisata


Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
Desti Watch
AUTHOR
30 Agustus 2015 pukul 06.54 delete

indonesia sebenarnya surga dunia gan menurut ane..nice share..

Reply
avatar
17 Februari 2016 pukul 16.30 delete

mantap info nya kapan2 boleh nih coba pergi kesana
terima kasih

Reply
avatar

Blog Ini adalah Dofollow, tolong jangan nyepam dan komentar sesuai topik agar dapet kunjungan balik. Yang nyepam dan memasukkan link berulang ulang akan saya hapus. ConversionConversion EmoticonEmoticon